Sabtu, 01 Desember 2012

makalah buah dan biji




BUAH DAN BIJI
 (Laporan Pratikum Biologi Pertanian)





                                               




Oleh :


Fahru Baharudin Asnawi
EID312043
                                                                     Kelompok IV










PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARBARU

2012








PENDAHULUAN
Latar belakang
Dalam biologi terdapat bidang kajian yang mengkhususkan diri dalam mempelajari seluruh aspek biologi tumbuh-tumbuhan yang disebut botani. Dengan demikian, botani mempelajari tumbuh-tumbuhan dari tingkat molekul seperti, genetika dan biokimia melalui organel ,sel, jaringan ,organ, individu, populasi tumbuhan , dan komunitas tumbuhan.
            Botani juga mempelajari tentang akar, batang, daun, serta bagian-bagian tumbuhan lainnya merupakan bagian-bagian yang secara langsung berguna untuk mempertahankan kehidupan tumbuhan itu sendiri selama pertumbuhannya, oleh sebab itu alat-alat tersebut seringkali dinamakan pula alat-alat pertumbuhan atau alat-alat vegetatif. Alat-alat perkembangbiakan tersebut dapat dibedakan dalam dua golongan diantaranya yang bersifat vegetatif dan yang bersifat generatif.
Buah merupakan hasil penyerbukan pada bunga yang kemudian diikuti dengan pembuahan yang akan menghasilkan bakal buah (ovarium) dan bakal biji (ovulum) yang kemudian tumbuh menjadi buah dan biji dimana biji inilah yang akan tumbuh menjadi calon tumbuhan baru. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan. Dari sudut pandang evolusi, biji merupakan embrio atau tumbuhan kecil yang termodifikasi sehingga dapat bertahan lebih lama pada kondisi kurang sesuai untuk pertumbuhan. Dengan dihasilkannya buah dan biji, tumbuhan dapat mempertahankan jenisnya, dan dapat pula terpencar ketempat lain..
Tujuan pratikum
Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui dan dapat menggambarkan bagian-bagian buah dan biji.




TINJAUAN PUSTAKA
Secara umum ada dua macam jenis buah, yaitu buah sejati (buah sungguh) dan buah semu. Buah sejati adalah buah yang terbentuk dari bakal buah. Pada buah sejati seluruh jaringannya berasal dari bakal buah. Pada buah sejati dapat dibedakan menjadi buah sejati tunggal kering, buah sejati basah dan buah sejati ganda. Buah sejati tunggal kering contohnya buah padi, jagung, dan buah bunga matahari. Buah sejati tunggal basah contohnya buah mangga, alpukat, semangka, dan papaya. Buah sejati ganda adalah buah terbentuk dari satu bunga yangmemiliki banyak bakal buah. Masing-masing bakal buah tumbuh menjadi buah tersendiri, lepas-lepas, namun akhirnya menjadikumpulan buah yang nampak seperti satu buah. Buah sejati ganda dibedakan menjadi empat jenis buah kurung ganda, buah batu ganda, buah bumbung ganda, dan buah buni ganda .
Sedangkan buah semu adalah buah yang terbentuk dari bakal buah dan bagian-bagian lain dari bunga. Contoh buah semu adalah arbei, nangka, dan jambu mede. Bagian yang kita makan adalah daun-daun bunga (tenda bunga) yang tumbuh bersatu, menjadi tebal berdaging, manis, dan berbau harum. Dinding buah yang sesungguhnya terdapat didalamnya.
Buah dapat pula dibedakan menjadi tiga yaitu, buah tunggal, buah agregat, dan buah majemuk (buah berganda). Buah tunggal yaitu bila buah dibentuk oleh satu bakal buah, misalnya buah mangga. Buah agregat yaitu bila buah dibentuk oleh satu bakal buah dari satu bunga. Buah majemuk yaitu bila buah dibentuk oleh banyak bakal buah dari banyak bunga, misalnya buah nanas, dan buah nangka.
Biji merupakan suatu struktur kompleks, yang terdiri dari embrio atau lembaga, kulit biji dan persediaan makanan cadangan. Dalam beberapa biji pada tumbuhan, makanan disimpan di dalam lembaga biji itu sendiri, pada tumbuhan lain, makanan disimpan dalam jaringan di sekililingnya.
Biji terdiri dari embrio sporofit yang terbungkus bersama dengan cadangan makanan didalam lapisan pelindung. Terdapat hubungan evolusioner dan perkembangan antara spora dan biji. Semua tumbuhan berbiji adalah heterospora, yang berarti memiliki dua jenis sporangia yang berbeda. Yang menghasilkan dua jenis spora adalah megasporangia yang menghasilkan megaspora yang akan menjadi gametofit betina (mengandung sel telur) dan mikrosporangia yang menghasilkan mikrospora yang akan menjadi gametofit jantan (mengandung sperma).
Pada tumbuhan angiospermae ( tumbuhan biji tertutup), bijinya memiliki dua lapisan kulit, yaitu kulit luar (testa) dan kulit dalam (tegmen). Kulit luar bersifat tipis tetapi keras. Sedangkan kulit dalam tipis seperti selaput dan sering disebut kulit ari.
Biji memiliki beberapa bagian antara lain kulit biji (Spermodermis), tali pusar (funiculus), dan inti biji (Nucleus seminis).
Selain dari bagian tersebut di atas, sering kita temukan bagian lain dari kulit biji (Spermodermis), antara lain adalah sayap dari biji kelor, bulu-bulu halus pada biji kapas dan selaput biji pada durian yaitu bagian yang kita makan .
Tali pusat (funiculus) biji merupakan bagian yang menghubungkan biji dengan papan biji (plasenta). Jika biji telah masak, tali pusat lepas sehingga pada biji hanya terlihat bekasnya sebagai pusat biji atau disebut juga hilus.
Inti biji (nucleus seminis) adalah semua bagian biji yang terdapat dalam kulit ari. Inti biji atau isi biji terdiri dari lembaga (embrio) yang merupakan calon tumbuhan baru (individu baru) dan putih lembaga (endosperm) sebagai tempat cadangan makanan tumbuhan. Tidak semua biji memiliki putih lembaga, seperti pada tumbuhan polongan, cadangan makanan tersimpan dalam daun lembaga (cotyledon). Daun lembaga merupakan daun pertama pada tumbuhan yang tumbuh .



BAHAN DAN METODE
Alat dan Bahan
Alat
Alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah :
1.    Cutter
2.    Alat tulis
3.    Buku gambar
Bahan
Bahan yang digunakan dalam praktikum ini adalah :
1.                                             Buah jeruk (Citrus sp)
2.                                             Buah apel (Malus domestica)
3.                                             Buah kelengkeng (Niphelium longanum)
4.                                             Buah salak (Salacca zalacca)
5.                                             Buah kasturi (Mangifera casturi)                   
Waktu dan Tempat
Praktikum ini dilaksanakan pada hari senin tanggal 19 November 2012 pukul 11.00-1200 WITA, di Laboraturium Fisiologi Tumbuhan gedung 3 Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.


Prosedur Kerja
1.    Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
2.    Gambar buah yang utuh.
3.    Pisahkan biji dan buah.
4.    Masing-masing biji dan buah dibelah menggunakan cutter secara melintang dan membujur.
5.    Gambar buah dan biji yang telah dibelah secara melintang dan membujur.
6.    Tentukan bagian buah yang telah dibelah dan beri keterangan.
7.    Tentukan bagian dari biji :
-       Kulit biji.
-       Tali pusar : tangkai biji.
-       Inti biji/isi biji.
-       Embriyo : calon tumbuhan baru atau tumbuhan mini yang ada dalam biji









HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil
Gambar 1. Buah jeruk (Citrus sp)
Buah utuh                                                          Buah terbelah








 
















Biji utuh                                                             Biji terbelah









 





















Gambar 2. Buah apel  (Malus domestica)
Buah utuh                                                               Buah terbelah









 
















Biji utuh                                                                  Biji terbelah









 


























Gambar 3. Buah kelengkeng (Niphelium longanum)
Buah utuh                                                               Buah terbelah






 
















Biji utuh                                                                  Biji terbelah









 



























Gambar 4. Buah salak (Salacca zalacca)
Buah utuh                                                               Buah terbelah








 

















Biji utuh                                                                  Biji terbelah









 


























Gambar 5. Buah kasturi (Mangifera casturi)
Buah utuh                                                               Buah terbelah









 

















Biji utuh                                                                  Biji terbelah









 


















Pembahasan
Buah jeruk (Citrus sp) adalah variasi dari buah buni dengan tiga lapisan dinding buah. Lapisan luar yang liat dan berisi kelenjar minya, lapisan tengah yang serupa jaringan bunga karang dan umumnya keputih-putihan, serta lapisan dalam yang bersekat-sekat, dengan gelembung-gelembung berisi cairan di dalamnya. Biji-biji tersebar di antara gelembung-gelembung tersebut, bentuk biji oval berwarna hijau muda dengan kulit biji yang berwarna hijau muda, tali pusar berwarna putih kehijauan, dan inti biji yang berwarna putih.
            Buah apel (Malus domestica) adalah jenis buah-buahan, yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras dan berwarna putih. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Bentuk biji oval pipih, berwarna hijam dan ukurannya tidak terlalu besar.
  Buah kelengkeng (Niphelium longanum) termasuk jenis buah sejati tunggal basah. Buah kelengkeng berbentuk bulat berwarna coklat kekuningan dengan ukuran kurang lebih sebesar kelereng. Kulit buahnya berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan permukaan agak berbintil-bintil. Daging buahnya tipis berwarna putih dan agak bening. Biji berbentuk bulat berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terdapat kulit biji yang berwarna coklat kehitaman, tali pusar yang berwarna putih kehijauan, serta inti biji yang berwarna putih.

Buah salak (Salacca zalacca) adalah buah bertipe buah batu berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur terbalik, runcing di pangkalnya dan membulat di ujungnya, panjangnya 2,5-10 cm, terbungkus oleh sisik-sisik berwarna kuning coklat sampai coklat merah mengkilap yang tersusun seperti genting, dengan banyak duri kecil yang mudah putus di ujung masing-masing sisik. Dinding buah tengah (sarkotesta) tebal berdaging, kuning krem sampai keputihan, berasa manis, masam, atau sepat. Biji 1-3 butir, berwarna coklat hingga kehitaman,  bertekstur keras, panjangnya sekitar 2-3 cm.
            Buah kasturi (Mangifera casturi) adalah buah yang masih satu keluarga dengan mangga berbentuk bulat dengan berat kurang dari 80 gram dan kulitnya berwarna hijau tua, daging buahnya berwarna kuning atau orange dan berserabut. Biji buah bertipe batu dengan dinding yang tebal dan inti bijinya berwarna putih.




KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengamatan, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.    Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium).
2.    Secara umum buah dapat dibedakan menjadi buah sejati dan buah semu.
3.    Buah juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu buah tunggal, buah agregat, dan buah majemuk.
4.    Bagian-bagian biji ada tiga yaitu kulit biji (Spermodermis), tali pusar (Funiculus), inti biji (Nucleus ceminis).

Saran
Dalam praktikum ini disarankan agar berhati-hati dalam menggunakan cutter saat membelah buah-buahan secara melintang atau membujur. Buah yang dipakai sebagai bahan pengamatan sebaiknya yang masih segar dan tidak busuk.





DAFTAR PUSTAKA
Aryuliana, Diah, dkk. 2004. Biologi 1. Erlangga: jakarta
Campbell, R, M. 2000. BIOLOGY. Erlangga: Jakarta
Tjahjadi, 1988. SALAK. Kanisius: Yogyakarta.
Mikrajuddin. 2007. IPA Terpadu SMP. PT Erlangga: Jakarta
Yuniarsih. 1996. KEDELAI. Kanisius: Yogyakarta

2 komentar: